Social Traffic | Make money online Social Traffic | Make money online Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi SPLDV ~ PUTRA SUA BERKAH

Putra Sua Berkah 89

Senin, 17 Januari 2022

Matematika merupakan simbol-simbol, kumpulan angka, serta operasi perhitungan konsep-konsep abstrak yang harus di pahami dan berkonsentrasi dalam pengerjaannya. Hal itulah yang membuat banyak peserta didik menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit, membosankan dan menakutkan. Sehingga kreativitas pembelajaran matematika perlu dikembangkan, karena matematika harus diajarkan secara menarik dan terhubung dengan dunia nyata dan menggunakan variasi metode pembelajaran, dengan demikian tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam pendidikan adalah matematika. Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Selain itu matematika mempunyai peran penting dalam disiplin ilmu pengetahuan dan mengembangkan daya pikir manusia.  Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan penalaran dan logika yang tinggi, sehingga dalam kegiatan pembelajaran matematika, peserta didik dituntut untuk cerdas, kreatif, terampil dan mandiri dalam memahami dan menerapkan konsep yang dipelajari.



ABSTRAK

Tujuan dilaksanakan nya penelitian ini yakni (1) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model problem Based Learning (PBL). (2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah di terapkan model Problem Based Lerning (PBL). (3) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL).




Penelitian ini telah dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Ternate yang pelaksanaan penelitian pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest design sampel yang di jadikan dalam penelitian ini yakni siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 2 Kota Ternate Ternate Tahun Ajaran 2019/2020, dengan populasi total sampel pada Kelas X-MIA-4 sebanyak 21 siswa yang terbagi dari 6 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis N-Gain dan analisis uji hipoesis menggunakan IBM SPSS Statistics versi 22.




Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kelas X-MIA-4 SMA Negeri 2 Kota Ternate setelah penerapan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), memiliki rerata sebesar 75,40 %, sedangkan pemecahan berdasarkan indkator (1) Memahami masalah 76,19%, (2) Memikirkan suatu rencana 66,67% dan (3) Melaksanakan rencana 71,43%, dan (4)  Memeriksa kembali 61,90 % yang secara umum berkategori sedang (S). Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas X-MIA-4 SMA Negeri 2 Kota Ternate melalui model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), dengan nilai uji t sebesar (2-Tailed) signifikan sebesar α = 0,000 ≤ α = 0,05. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 2 Kota Ternate setelah penerapan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), berdasarkan hasil perhitungan statistik N-Gain mencapai 1,144 yang di kualifikasikan kedalam peningkatan kemampuan pemecahan yang tinggi (T).

Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Belajar Problem Based Learning dan Sistem Persamaan Linear Dua Varibel




Untuk mendownload File Skripsi dapat mengunjungi Link Berikut :





 Bab I Link :







Bab II Link :







Bab III Link :







Bab IV Link :






Selamat Mencoba dan sukse selalu !!




Catatan : File Skripsi yang sudah terdownload hanya di perbolehkan untuk mengutip isi yang sesuai dengan penelitian terkait. Bukan untuk di perbanyak atau copy paste (plagiasi).



 



Categories:


Kumpulan Skripsi yang menyajikan berbagai informasi untuk kebutuhan penelitian

0 Comments:

Posting Komentar